Berdirinya Ocean Fresh Produk Kecantikan

Seafood dikenal kaya akan kandungan protein, vitamin, dan mineral. Konsumsi seafood dalam jumlah dan dengan pengolahan yang tepat dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung hingga 50%.


Macam-macam jenis produk Ocean Fresh Kecantikan


Ragam manfaat produk laut tidak berhenti sampai di situ. Limbah kulit udang, atau dikenal dengan chitosan, mempunyai fungsi pengawet alami, antimikroba, antioksidan, penjerat lemak, hingga pelembap. Menurut Dr. Ir. Linawati Hardjito, M.Sc., dosen dan peneliti di Departemen Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB, produk kosmetik yang berbahan baku chitosan dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi kulit.

Pada produk pangan, rumput laut memberi manfaat sebagai sumber serat, pengenyal, pengental, dan penstabil emulsi. Sedangkan Sedangkan dalam kosmetik, “Semua jenis rumput laut itu melembapkan. Namun, setiap jenis rumput laut punya spesifikasi manfaat masing-masing,” tutur Lina saat ditemui AGRINA di rumahnya di kawasan Cibanteng, Bogor, Jawa Barat.

Produk Kecantikan

Selama bertahun-tahun melakukan penelitian mengenai bahan-bahan aktif dari laut, Lina mencoba mengaplikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk yang lebih mudah diterima masyarakat. Ia lalu mendirikan Ocean Fresh yang memproduksi berbagai produk kecantikan berbahan dasar rumput laut dan chitosan. Dengan tambahan bahan lain yang juga berasal dari laut, ia meramu shampo, sabun, body lotion, facial wash, hingga krim malam.


Pendiri terwujudnya rumput laut sebagai produk kecantikan ocean fresh
Berdirinya Ocean Fresh Produk Kecantikan
“Semua produk pasti ada rumput laut dan chitosannya. Rumput laut pun bukan hanya satu. Ada Cottoni (Eucheuma cottoni), Spinosum (E. spinosum), Sargassum, Turbinaria, Halimeda, kemudian Rhodimenia,” papar wanita yang berperan dalam Research and Development Ocean Fresh ini.

Masing-masing jenis rumput laut menyimpan khasiat berbeda. Jenis Cottonii misalnya, berfungsi melembapkan kulit karena dapat mengikat air. Sedangkan Halimeda yang bermanfaat sebagai exfoliator atau pengelupas sel-sel kulit mati. Lain lagi dengan Sargassum dan jenis rumput laut cokelat lainnya yang dapat meningkatkan kekenyalan kulit.

Bahan tambahan alami yang juga berasal dari laut menjadi pelengkap. Misalnya, kerang emas laut sebagai antipenuaan dini (antiaging). Ada pula pandan laut yang menjadi pewarna dan sumber antioksidan penghilang keriput. Berbagai jenis mangrove yang biasanya menjaga pantai dari abrasi ternyata ampuh sebagai tabir surya. Atau pelembap tambahan berupa gelatin yang berasal dari kulit ikan.

Empat belas produk kecantikan kini sudah dihasilkan Lina. Ada sabun batang, sabun cair, shampo, body butter, body lotion, body moisturizer, body scrub, day cream, night cream, lip moisturizer, facial exfoliator, facial mask, facial wash, hingga gel penyegar ruangan dengan bentuk binatang laut yang lucu.

Menjual Manfaat

Konsumen utama produk Ocean Fresh adalah masyarakat yang sadar akan kesehatan pribadi dan lingkungan. “Bisa dibilang ini alami karena lebih dari 80% bahan alami, dan zero waste,” tegas Lina.

Konsumen tersebut memperoleh produk melalui tiga jalur pemasaran. “Yang pertama dengan merek Ocean Fresh, yang memang langsung dari kita. Bisa secara online atau di pameran-pameran. Lalu Green Choice juga sama, begitu. Yang dengan brand Botani hanya boleh dijual di Serambi Botani IPB,” jelas wanita kelahiran Ponorogo, Jawa Timur, ini.

Peraih gelar Doktor dari University of Queensland, Australia 1992 ini memaparkan, kadang ada konsumen tidak suka aromanya. Mereka bisa memilih yang berlabel Ocean Fresh. Untuk perluasan pasar ke Eropa yang sedang dijajakinya, berbagai modifikasi perlu dilakukan karena konsumen Eropa cenderung tidak menyukai aroma yang terlalu menyengat. Karena itu ia harus menggunakan pelarut asam laktat sebagai pelarut chitosan dan memodifikasi kemasan supaya lebih praktis.

Pelatihan Petani

Bahan baku rumput laut dapat dikatakan melimpah di laut Indonesia, tidak serta merta dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku. Setelah berkeliling menyusuri berbagai wilayah pantai di Tanah Air akan budidaya rumput laut, kenyataan yang dijumpainya justru sangat berbeda. “Justru banyak di daerah-daerah penghasilnya, itu tidak dimanfaatkan,” cetus Lina menyayangkan.

Sarjana Teknologi Industri Pertanian IPB 1984 ini lantas berinisiatif untuk menjalin kemitraan dengan petani di daerah penghasil bahan baku, baik rumput laut, chitosan, hingga bakau (mangrove). Bahan baku bakau diperoleh dari wilayah Karimun Jawa, Jepara (Jawa Tengah), rumput laut jenis Halimeda dari Sumbawa Barat (Nusa Tenggara Barat), dan rumput laut Rhodimenia dari Cipatujah, Tasikmalaya (Jawa Barat).

“Kita membina kelompok tani di sana, dan kita beli hasil panennya untuk bahan baku. Jadi kami sudah punya jaringan untuk bahan baku langsung dari masyarakat, tidak mau lewat perantara. Ini agar masyarakat juga mendapatkan nilai tambah,” ungkapnya dengan wajah berbinar.

Walaupun dalam satu daerah terdapat beberapa jenis bahan baku, dia hanya mengambil satu bahan baku per daerah. Alasannya, “Supaya semua daerah punya kesempatan, walaupun di satu daerah itu banyak potensinya. Kita ingin pemerataan, kalau bisa malah di pulau-pulau terluar di Indonesia,” harapnya. Baca juga Mengenal Jenis-jenis rumput laut. 

Pusat pelatihan yang bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini dinamakan Pusat Pelatihan Mandiri Perikanan dan Kelautan (P2MKP) Ocean Fresh. Dilaksanakan langsung di wilayah sentra bahan baku dengan peserta 10-20 orang selama 4 hari. Dengan pendampingan dan pembinaan, bahan baku yang didapatkan pun sesuai dengan persyaratan kualitas yang dibutuhkan dalam produksi.



Founder "Ocean Fresh" adalah Linawati Hardjito Prof. PhD, Peneliti dan pengajar Bioteknologi Kelautan di Departemen Teknologi hasil perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB. Linawati Hardjito menyelesaikan Doktor Bioteknologi dari Departement of Chemical Engineering University of Queendsland, Australia pada tahun 1992. Sebagai peneliti dan pengajar Linawati Hardjito telah mengikuti berbagai workshop dan training.

Beliau adalah pendiri Ocean Fresh dan juga ahli bioteknologi kelautan yang bekerja sebagai peneliti dan staf pengajar di Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, Indonesia.

Latar Belakang Pendidikan :
  • Doctor (Ph.D) in Biotechnology from Department of Chemical Engineering, University of Queensland, Australia, 1992
  • Master (M.Sc) in Industrial Engineering and Management from Bandung Institute of Technology, Indonesia, 1987
  • Bachelor (S1) in Agroindustrial Engineering, Bogor Agriculture University, Indonesia, 1984
Partisipasi pada training berskala internasional
  • Workshop on Food Processing. ICDF, Taiwan, 2006
  • Training on Marine Pharmacology, Chemical Products of Seaweeds and Cultural Technology of Seaweeds, Ocean University of Qingdao, P.R. China, 2001
  • International Training Program on Industrial Biotechnology, GBF, Germany, 1995
Latar Belakang Profesional
  • Peneliti di Pusat Antar Universitas untuk Biotekologi, Institut Teknologi Bandung, (1992 – 2004)
  • Dosen Tamu (Konsultan) di Departemen Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sultan Qaboos, Oman (Februari 2001 – Juni 2001)
  • Peneliti Tamu di Departemen Bioteknologi, Dresden University, Germany – DAAD Program (Mei 1999 – Juli 1999)
  • Peneliti Tamu di Departemen Biosains, Kent University, Canterburry, United Kingdom – DFID Program (Mei 1998 – Juli 1998)
  • Peneliti Tamu di Pusat Bioteknologi Kelautan, Universitas Maryland, USA – di bawah Program UNESCO untuk Bioteknologi Perairan (Maret 1997 – Mei 1997)
  • Peneliti Tamu di Departemen Bioteknologi, Nagoya University, Jepang – under Japan Society for the Promotion of Science, JSPS, Bioscience Program (Januari 1995 – April 1995).
Demikianlah artikel singkat tentang sejarah dari pendiri Ocean Fresh yang salah satunya berberak di bidang kecantikan dan perawatan tubuh.

Silahkan cek beberapa Produk Ocean Fresh yang banyak terdiri dari produk-produk kosmetik berbahan dasar rumput laut.

Bagi anda yang belum tau manfaat rumput laut untuk kecantikan juga bisa baca artikel Manfaat Rumput Laut Untuk Kecantikan Alami yang pernah saya tulis sebelumnya, semoga bermanfaat.


Untuk Pemesanan Produk :

Nama :
Alamat :
No Hp :
Produk :
Jumlah :

Silhakna isi format tersebut diatas, setelah itu kirimkan ke kontak kami :

BBM : 
SMS / WA : 

Barang yang anda pesan akan kami kirim menggunakan jasa pengiriman Tiki Jne atau Pos, harga yang tertera belum termasuk biaya ongkos kirim. Barang kami jamin 100% original dan dijamin aman dipakai tanpa menimbulkan ketergantungan atau efek samping berbahaya, karena semua produk ocean frsh beauty sudah masuk ijin BPOM dan Halal MUI. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berdirinya Ocean Fresh Produk Kecantikan"

Posting Komentar